Batik

Batik Desa Bentarsari

Berbicara tentang yang namanya batik mungkin rasanya sudah menjadi trend masa lalu, akan tetapi trend seperti ini dapat muncul kembali kepermukaan pada masa sekarang jika kita sendiri sebagai anak bangsa yang mau bekerja keras untuk mempertahankan budaya bangsa sendiri yang dapat menjadi sumber modal bagi kesejahteraan rakyat. Batik juga pernah di klaim oleh negara tetangga kita yaitu Negara Malaysia, dimana ketika kita menghadapi persoalan seperti ini barulah kita muncul kembali untuk mempertahankan yang namanya batik tersebut. Di negara Indonesia banyak terdapat kota yang berlomba-lomba dalam memproduksi batik misalnya saja kota Pekalongan, Djogja, Cirebon dll. Namun selain dari beberapa kota diatas ternyata potensi membatik pun terdapat di Kota Brebes yaitu khusunya di Desa Bentarsari Kecamatan Salem.  Batik tulis yang di produksi oleh Desa Bentarsari merupakan kumpulan batik yang dibuat oleh para kelompok pembatik yang berasal dari desa tersebut baik secara kelompok maupun individu.

Mengenai kualitas hasil akhirnya, batik tulis Desa Bentarsari pun tidak kalah bagus di bandingkan dengan pengrajin batik tulis dari kota-kota yang memproduksi batik lainnya.

Batik Brebesan yang sekarang sudah mulai beranjak meraih tempat di pasar nasional kini semakin terus meningkatkan eksistensinya dengan mengeluarkan berbagai macam motif batik, sehingga akan dapat terus menarik negara lain. Dengan demikian, semakin banyaknya motif yang dibuat oleh para perajin batik baik individu atau kelompok maka dibuat juga berbagai inovasi dalam meningkatkan variasi seni motif batik yang akhirnya dapat meningkatkan pula peminat batik brebesan dari berbagai daerah lainnya. Berbagai motif yang sudah ada diantaranya:

Berbicara masalah harga, Batik Brebesan mempunyai harga yang bervariasi mulai dari harga dengan  kualitas murah sampai dengan harga yang kualitas mahal dan tidak terlepas dari kerumitan motif yang dibuat.

Desa Bentarsari terdiri dari 4 dusun dan baru-baru ini sekitar awal September 2012 Desa Bentarsari kini telah memberntuk 5 kelompok pengrajin batik tulis sebagai Desa Vokasi, dimana dalam 1 kelompok batik tulis terdiri dari 24 orang. Kegiatan kelompok ini dibentuk dengan tujuan agar dapat memberikan lapangan pekerjaan kepada masyarakat yang rendah pendidikannnya (Pendidikan Non Formal) serta mengordinasikan para pengrajin batik tulis yang ada di Desa Bentarsari untuk bekerjasama membudayakan membatik tulis dan dapat memenuhi permintaan pasar dan hasilnya agar dapat mensejahterakan masyarakat Desa Bentarsari. Semakin banyaknya permintaan akan Batik Brebesan ini juga dapat memicu terhadap keberlanjutan budaya batik tulis dapat terus bertahan khusunya dilingkungan Desa Bentarsari dan mudah-mudahan bisa sampai menempati pasar nasional seiring dengan permintaan konsumen dengan melakukan berbagai inovasi yang lebih menarik. Seluruh hasil batik tulis yang sudah selesai dibuat oleh para pengrajin batik tulis, semuanya di kumpulkan di Desa bentarsari dan desa yang memfasilitasi dalam hal pemasarannya. Mudah-mudahan dengan adanya kelompok ini Desa Bentarsari dapat terus mengggali potensi sumber kekayaan yang dimilikinya agar menjadi desa yang maju dan dapat meningkatkan kesejahteraaan masyarakatnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: